black iphone 4 on brown wooden table
Sumber: unsplash

Marketing di social media tak hanya sekedar likes dan share saja. Konten sosial media di era modern seperti sekarang ini semakin berkembang hingga membagikan isi pikiran dan bahkan meme untuk menggaet audience. Nah, berikut adalah 3 hal yang harus kamu perhatikan di social media marketing usaha kamu biar tidak ketinggalan jaman dan dapat terus bersaing.

1. Influencer Marketing

black and silver nikon dslr camera
Sumber: unsplash

Influencer marketing adalah sebuah metode promosi dengan menggunakan tokoh influencer terkenal di industri kamu dan memberikan kepercayaan pada mereka untuk mempromosikan brand yang kami miliki. Seperti orang-orang yang memiliki banyak followers, penulis sebuah buku ataupun selebriti. Kamu dapat belajar dari mereka ataupun bahkan berkolaborasi dengan para influencer tersebut.

2. Dark Social Media

person holding smartphone
Sumber: unsplash

Satu hal yang tak bisa kamu ukur tapi perlu menjadi perhatian adalah sisi gelap dari social media itu sendiri. Sisi gelap yang dimaksud menyangkut mengenai bagaimana orang-orang membagikan konten yang telah kamu buat kepada orang lain tanpa sepengetahuan kamu. Seperti email, direct message ataupun pesan teks lainnya. Maka dari itu, pastikan bahwa tombol berbagi dipostingan kamu menyertakan tombol “Lainnya” yang tertaut ke email, aplikasi pesan seperti WhatsApp, dan aplikasi lain yang mungkin ingin dimanfaatkan seseorang.

Tak hanya itu, pastikan semua postingan blog kamu memiliki call-to-action yang kuat untuk membaca postingan lain, menuju ke landing page atau setidaknya mengisi data diri ke daftar email kamu sehingga kamu dapat mengetahui siapa saja yang membagikan postingan kamu.

3. Paid Social Media

person using Android smartphone
Sumber: unsplash

Terakhir, kamu harus benar-benar mempertimbangkan untuk memasukkan promosi media sosial berbayar ke dalam strategi pemasaran kamu. Setiap platform sosial sekarang menawarkan kemampuan untuk mempromosikan postingan kamu dan memungkinkan mereka untuk dilihat oleh lebih banyak orang daripada hanya sekedar pengikut kamu yang ada. Tetapi berhati-hatilah dan pastikan kamu menggunakan platform terbaik untuk bisnis kamu, menargetkan audience yang tepat dan mempromosikan konten terbaik kamu. Contohnya dengan melakukan promosi pemasaran di Facebook, Twitter, LinkedIn dan Pinterest.

Nah, gimana pendapat kamu soal 3 hal tersebut? comment di bawah ya!


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *