Sumber : Youtube Confie Indonesia

Makanan dan minuman untuk mengurangi risiko kanker sebenarnya serupa dengan asupan yang dianjurkan dalam pola makan sehat, yaitu buah, sayur, dan gandum utuh. Makanan-makanan ini rendah kandungan lemak dan kalori, namun kaya akan yang membantu menurunkan risiko kanker.

Table of Contents

    Dilansir di laman alodokter.com, berikut beberapa jenis makanan dan minuman memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk mengurangi risiko kanker:

    1. Brokoli

    green broccoli on brown wooden chopping board
    Sumber: unsplash

    Brokoli mengandung sulforaphane yang diyakini bermanfaat sebagai zat antikanker. Dalam sebuah hasil uji coba, ditemukan bahwa sulforaphane dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara hingga 75%, serta menurunkan risiko terjadinya kanker usus.

    2. Bawang Putih

    white garlic on brown wooden table
    Sumber: unsplash

    Siapa sangka, kandungan bawang putih yang berbau khas ini dapat mencegah pembentukan sel kanker lho! Terutama kanker yang menyerang organ pencernaan, seperti kanker lambung, kanker usus, dan kanker esofagus.

    Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, coba deh diamkan dulu bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong, selama 15-20 menit sebelum dimasak. Cara ini dapat mengaktifkan enzim dalam bawang putih dan melepaskan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kanker.

    3. Kunyit

    brown gingers
    Sumber: unsplash

    Sering menggunakan kunyit untuk memasak? Rempah ini mengandung kurkuma yang diyakini dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker, memperlambat penyebaran kanker, dan mengecilkan tumor. Konsumsilah ½ – 3 sendok teh bubuk kunyit per hari. Kamu dapat menggunakan bubuk kunyit untuk menambah rasa masakan, selain untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Kamu juga bisa mencampur dengan lada hitam, untuk mempercepat penyerapannya.

    4. Ikan dengan asam lemak omega-3

    grilled fish, cooked vegetables, and fork on plate
    Sumber: unsplash

    Beberapa jenis ikan, seperti tuna dan salmon, mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat. Dengan mengonsumsi setidaknya 2 porsi ikan berlemak per minggu, kamu mendapatkan satu dosis asam lemak omega-3 dan vitamin D untuk membantu mencegah kanker.

    5. Tomat

    orange tomatoes
    Sumber: unsplash

    Warna merah pada tomat menunjukkan bahwa sayur ini mengandung likopen, yang dapat mengurangi risiko kanker prostat. Tambahkan dua buah tomat sehari dalam menu harianmu. Kamu bisa menyajikan tomat sebagai lalapan saat menyantap ayam goreng, menjadikannya bahan campuran sambal, atau mengolahnya bersama sayuran hijau menjadi masakan.

    Nah, kamu mau nyoba makanan yang mana nih Sahabat Confie? Comment di bawah ya!


    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *